Lusa, Dua Anggota DPRD Sulsel Dilantik

KOPEL ONLINE, Makassar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan mengagendakan menggelar pelantikan dua anggota dewan yang baru pada Jumat (31/1) pukul 09.30 Wita.
Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah Erbe, menegaskan rencana pelantikan tersebut sudah final karena menjadi keputusan dari badan musyawarah (bamus) DPRD Sulsel. “Iya, sesuai keputusan bamus, pelantikan digelar Jumat, 31 Januari pagi,” ujar Ni’matullah, Selasa (28/1).
Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Sulsel M Jabir, juga membenarkan hal itu. Dua anggota dewan yang akan dilantik, yakni Adam Muhammad dari Partai Gerindra, dan Risfayanti Muin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
“Persiapan untuk acara pelantikan sudah dibahas di internal sekretariat dewan,” ujar M Jabir, kemarin.
Sebelumnya, bamus DPRD Sulsel telah menggelar pertemuan dan menetapkan jadwal pelantikan. “Dari hasil rapat pimpinan, keduanya akan dilantik pada Jumat, 31 Januari 2020 mendatang,” kata Ketua Bamus Marjono, kemarin.
Ia melanjutkan, pelantikan ini dilaksanakan setelah berkas keduanya sudah lengkap. Termasuk SK dari Kementerian Dalam Negeri yang sudah diterima oleh pihak pemprov dan DPRD Sulsel.
“Dokumen yang jadi persyaratan untuk pelantikan sudah terpenuhi semua. Juga usulan KPU, surat dari gubernur, bahkan SK dari Kemendagri sudah lengkap. Karena itu mesti dijadwal oleh DPRD. Tidak ada lagi alasan untuk tidak dijadwal,” tandasnya.
Legislator Partai Gerindra Sulsel ini menepis jika pelantikan dua wakil rakyat itu bukan merupakan pergantian antar waktu (PAW) dari Misriani Ilyas dan Novianus YL Patanduk.
“Jadi ini merupakan pelantikan, bukan PAW. Kalau PAW, menurut UU yang melantik ketua DPRD. Tapi karena ini pelantikan, sehingga yang melantik adalah ketua pengadilan tinggi,” jelas Marjono.
Soal keduanya akan ditempatkan di komisi mana, ia menuturkan jika hal tersebut bergantung usulan pimpinan fraksi. “Kalau di AKD tinggal menyesuaikan. Jadi tergantung nanti usulan ketua fraksi. Mereka yang mengusulkan mau ditempatkan di mana,” terangnya. (rif)

Sumber : Berita Kota Makassar

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pemkab Pangkep Serahkan 10 Ranperda

Wed Jan 29 , 2020
KOPEL ONLINE, Makassar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui Wakil Bupati, Syahban Sammana, menyerahkan 10 rancangan peraturan daerah (Ranperda) kepada pihak DPRD Pangkep, Senin (27/1). Ranperda tersebut diterima Ketua DPRD Pangkep, Muhammad Yusran Lologau.Dari 10 Ranperda yang diserahkan, enam di antaranya merupakan Ranperda baru. Yakni Ranperda inovasi daerah, Ranperda kabupaten […]