Kopel Ragukan DPRD Sulsel Bisa Rampungkan RAPBD Sesuai Aturan Kemendagri

KOPEL ONLINE – Makassar, Komite Pemantaua Legislatif (Kopel) Sulawesi Selatan tidak yakin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel bisa merampungkan pembahasan RAPBD 2020, sesuai dengan jadwal yang diatur Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020.

Rancangan peraturan daerah (raperda) tentang APBD tahun 2020 paling lambat disetujui eksekutif dan legislatif pada 30 November 2019.

“Dengan waktu yang sangat sempit, saya kira dewan tidak cukup banyak waktu untuk mengkoreksi usulan anggaran OPD dan dipastikan partisipasi publik tidak terakomodir,” Kata Direktur Kopel Sulawesi Musaddaq.

Musaddaq mengatakan dengan kondisi waktu yang sempit ini tersisa 14 hari adalah bentuk preseden buruk yang mestinya tidak terjadi lagi.

Apalagi dengan pemerintahan yang baru baik dipihak eksekutif maupun legislatif. “Dalam catatan Kopel saya kira ini kemunduran,” ujar Musaddaq.

Menurutnya dalam peraturan Kementerian Dalam Negeri ( Permendagri) nomor 33/2019 sudah tegas mengatur tahapan penganggaran.

Jika dalam batas waktu 30 November 2019 tidak diselesaikan, bisa terancam pinalti.

Di undang undang nomor 23/2014 Pasal 321 ayat 2 jelas disebutkan DPRD dan kepala daerah yang terlambat akan dikenai sanksi administratif.

Sanksinya berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundangundangan selama enam bulan. (*)

Sumber : Tribun Makassar.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Legislator Sulteng Kunjungi DPRD Sulsel, Konsultasi Soal Penyusunan?

Mon Nov 18 , 2019
KOPEL ONLINE – Makassar, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan menerima kunjungan sembilan legislator DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (18/11/2019). Kedatangan anggota dewan dari Komisi 1 Bidang Pemerintahan DPRD Sulteng tersebut diterima langsung Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif. Menurut politisi Partai NasDem ini, kunjungan para anggota dewan dalam […]