DPRD Sidrap Bahas Tiga Ranperda

KOPEL ONLINE – Sidrap, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidrap menggelar rapat paripurna pembicaraan tingkat I, dalam rangka penyerahan tiga ranperda di Gedung DPRD Sidrap, Rabu (19/2). Rapat dipimpin Ketua DPRD Sidrap H Ruslan, didampingi Wakil Ketua I Andi Sugiarno Bahri dan Wakil Ketua II Kasman.
Hadir dalam rapat, Bupati Sidrap H Dollah Mando, Wabup H Mahmud Yusuf, Dandim 1420 Letkol Inf J P Situmorang, Kapolsek Maritengngae Ipda Abd Samad, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sidrap Muhammad Ikbal.
Juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Andi Faisal Burhanuddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Andi Faisal Ranggong, para pimpinan OPD, camat, lurah, serta kepala desa.
Adapun rancangan peraturan daerah yang diserahkan, yakni Ranperda tentang Pengelolaan Limbah Domestik, dan Ranperda tentang Penetapan Desa. Sementara satu ranperda lainnya merupakan inisiatif DPRD, yakni tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini.
Terkait rRnperda Penetapan Desa, Dollah dalam sambutannya menyatakan perlunya kejelasan status dan kepastian hukum atas desa, sehingga memiliki landasan yuridis dalam pelaksanaan pemerintahan.
“Kejelasan status dan kepastian hukum atas desa, dikonkritkan dalam bentuk perda mengenai penetapan desa dalam wilayah administratif Kabupaten Sidrap yang sedang kita laksanakan prosesnya saat ini,” ujar Dollah.
Mengenai Ranperda Pengelolaan Air Limbah Domestik, menurut Dollah, dimaksudkan untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan. “Juga tidak kalah penting adalah memastikan keberlanjutan ketersediaan air bagi manusia,” imbuhnya.
Setelah penyerahan, agenda rapat paripurna selanjutnya yakni pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD dan pendapat bupati terhadap ranperda inisiatif pada Kamis (20/2). Selanjutnya rapat paripurna tanggapan bupati atas pemandangan umum fraksi dan jawaban Bapemperda atas pendapat bupati pada Jumat (21/2). (ady/c)

Sumber : BKM

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

DPRD DKI Ingin Pastikan Cawagub Kuasai Masalah Jakarta

Fri Feb 21 , 2020
KOPEL ONLINE – Jakarta, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menggelar uji kelayakan dengan pemaparan visi misi yang wajib dilaksanakan bagi Calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Mekanisme tersebut telah disesuaikan dalam Tata Tertib (Tatib) DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 yang baru-baru ini disahkan. Ketua DPRD DKI Jakarta […]