DPRD Kotim apresiasi pilkades serentak berjalan lancar

KOPEL ONLINE – Sampit, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Rudianur mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 43 pada Sabtu (14/3) berjalan aman dan lancar.

“Ini tentu tidak terlepas dari peran semua pihak, mulai dari aparat keamanan, penyelenggara pilkades dan masyarakat. Mudah-mudahan situasi kondusif ini tetap terjaga hingga usai pelantikan kepala desa terpilih nanti,” kata Rudianur di Sampit, Minggu.

Saat pemungutan suara pilkades serentak, Rudianur memantau pelaksanaan pilkades di sejumlah desa di kawasan selatan yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

Sejauh pemantauannya, pilkades berjalan dengan baik. Masyarakat desa juga antusias menggunakan hak pilih mereka untuk memilih calon kepala desa yang mereka yakini bisa mengemban amanah untuk membawa desa lebih maju lagi sehingga bisa berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Dia menilai penyelenggaraan pilkades serentak yang ketigakalinya di Kotawaringin Timur ini berjalan baik. Panitia pilkades menjalankan tugas dengan baik sehingga belum ada keluhan yang disampaikan masyarakat.

Menurutnya, perbedaan dalam hal pilihan merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia demokrasi. Jangan sampai perbedaan itu menimbulkan permasalahan dan permusuhan di tengah masyarakat.

Perbedaan dukungan hanya saat pelaksanaan pemungutan suara. Setelah hasil penghitungan suara terlihat siapa calon kepala desa yang terpilih, seluruh masyarakat diharapkan kembali bersatu mendukung kepala desa terpilih untuk bersama-sama masyarakat membangun desa tercinta.

Jika ada yang tidak puas atas hasil pilkades, Rudianur berharap pihak yang bersangkutan menyampaikan keberatannya sesuai mekanisme yang telah diatur oleh aturan hukum. Selain itu, masyarakat juga harus terus menjaga situasi daerah agar tetap kondusif.

“Semua sudah ada aturannya, jadi kita ikuti saja. Saya hanya berpesan, apapun yang terjadi, kita bersama-sama harus terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Siapa yang terpilih, harus kita dukung,” kata Rudianur.

Sementara itu, hasil penghitungan perolehan suara pilkades 43 sudah menunjukkan siapa saja kepala desa yang terpilih atau peraih suara terbanyak. Dipastikan banyak wajah baru yang akan memimpin desa karena cukup banyak petahana yang kembali ikut pilkades namun ternyata tidak berhasil meraih suara terbanyak.

Sumber : Antara.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

DPRD Bone Soroti Pengadaan Mobdin Pemkab Seharga Rp5,2 Miliar

Mon Mar 16 , 2020
KOPEL ONLINE – Bone, Pengadaan 16 unit mobil dinas (mobdin) di tahun 2020 ini dalam lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Bone dengan nilai sekitar Rp 5,2 Miliar mendapat sorotan dari Legislator Kabupaten Bone. Meski randis tersebut peruntukannya sangat jelas yakni untuk menunjang kinerja tetapi tetap menuai sorotan dari Legislator Kabupaten […]