Diskusi Rutin dengan Parlemen Group, Diusulkan Perlunya Kawal Hasil Musrenbang

KOPEL ONLINE – Makassar, KOPEL kembali mengafakan diskusi. Kali ini Parlemen Group Kopel Kecamatan Tamalate dan CSO. Diskusi diadakan di Sekertariat Forum Peduli Pelayanan Masyarakat Kota Makassar, Kamis (18/01/2020).

Diskusi seperti ini sudah berapa kali dilakukan untuk menggali permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Sejumlah permasalahan dan juga berbagai isu yang terjadi di masyarakat mengemuka dalam diskusi untuk kemudian jadi bahan advokasi ke Pemerintah Kota Makassar atau ke DPRD setempat.

Diskusi ini lebih mengkritisi sistem perencanaan yang dinilai masih belum optimal, seperti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Aswan Dg Rani sebagai anggota Forum mengatakan bahwa musrenbang yang selalu diadakan itu seperti hanya menggugurkan sebuah kewajiban pelengkap adimistrasi saja. “Karena usulan-usalan tidak pernah terealisasi, hampir tiap tahun itu-itu saja yang diusulkan,” katanya.

Lebih lanjut Kopel mengatakan bahwa dalam proses perencanaan seharusnya semua masyarakat terlibat tanpa terkecuali. Seperti ikut musrenbang.

Jika sebuah usulan masyarakat mau terakomodir maka perlu dikawal sampai musrenbang kabupaten. “Bila perlu sampai ke tingkat pembahasan APBD agar bisa memastikan usulan kita bisa diakomodir,” jelasnya.

Dia menyarankan, untuk ke depanya perlu ada penguatan-penguatan tentang advokasi.

Kegiatan ini diikuti KOPEL, anggota FPPM, Kompak, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan mahasiswa. ()

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Di Turungan Beru Kak Syam Didampingi Istri Terima Aspirasi Pelebaran Jalan dan Pembangunan Pelabuhan

Sun Jan 19 , 2020
KOPEL ONLINE – Bulukumba, Dari hari ke hari warga Bulukumba semakin antusias menyampaikan aspirasinya kepada bakal calon Bupati Bulukumba Syamsuddin Alimsyah. Kak Syam demikian biasa disapa hampir setiap saat baik bertemu langsung termasuk melalui media sosial, group WhatsApp menerima berbagai aspirasi warga. Ini membuktikan betapa tingginya harapan masyarakat Bulukumba terhadap […]