Eks Anggota DPRD Dipanggil KPK sebagai Tersangka Kasus RTH Bandung

KOPEL ONLINE – Jakarta, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi memanggil mantan anggota DPRD Kota Bandung Kadar Slamet, Rabu (5/2/2020) hari ini.

Kadar merupakan salah satu tersangka dugaan kasus korupsi terkait pengadaan ruang terbuka hijau di Pemerintah Kota Bandung tahun anggaran 2012-2013.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai tersangka,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

Belum diketahui apa yang akan didalami penyidik dalam pemeriksaan terhadap Kadar pada hari ini.

Dalam kasus ini, Kadar bersama mantan anggota DPRD lainnya, Tomtom Dabbul Qomar, diduga menyalahgunakan kewenangan untuk meminta penambahan anggaran.

Selain itu, keduanya berperan sebagai makelar pembebasan lahan.

Sementara, tersangka lainnya, mantan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerag Kota Bandung Hery Nurhayat diduga menyalahgunakan kewenangan dengan mencairkan anggaran yang tidak sesuai dengan dokumen pembelian.

Selain itu, Hery juga mengetahui bahwa pembayaran bukan kepada pemilik langsung melainkan melalui makelar.

Tomtom dan Hery sebelumnya telah ditahan KPK per Senin (27/1/2020) lalu usai diperiksa penyidik.

KPK menaksir kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp 69 miliar.

“Diduga telah terjadi kerugian keuangan negara sebesar Rp 69 Milyar dari realisasi anggaran sekitar Rp 115 Miliar,” kata Juru Bicara KPK ketika itu, Febri Diansyah, dalam konferensi pers, Kamis (21/11/2019).

Febri menuturkan, kerugian negara itu disebabkan pengadaan tanah untuk RTH yang memanfaatkan makelar dari unsur anggota DPRD dan pihak swasta.

Selisih pembayaran riil daerah ke makelar dengan harga tanah atau uang yang diterima pemilik tanah itu pun diduga dinikmati sejumlah pihak.

Sumber : Kompas.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

DPRD Jabar belajar ilmu manajemen kesehatan dari Kedubes Inggris

Wed Feb 5 , 2020
KOPEL ONLINE – Bandung, DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) menerima kunjungan kerja Deputy Head of Economics and Property Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia Sam Hayes di Gedung DPRD Jabar Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu. Dalam kesempatan itu DPRD Jawa Barat yang diwakili Komisi IV membahas sejumlah rencana kerja sama antara […]