Dewan Soroti Data Amburadul di Pemkot Makassar

KOPEL ONLINE – Makassar, DPRD Makassar menyoroti kinerja Dinas Perdagangan (Disdag). Pasalnya, penindakan gudang dalam kota yang selama ini digalakkan semakin tak jelas. Pendataan jenis usaha menjadi alasan lamanya proses eksekusi.

Sekretaris Komisi B DPRD Makassar, Muh Yunus menyoroti amburadulnya pengelolaan data jenis usaha dari Dinas Perdagangan. Padahal, data jenis usaha seharusnya sudah lengkap di tingkat kecamatan.

“Masa dengan alasan data jenis usaha penindakan mandek. Padahal itu data pasti ada di kelurahan dan kecamatan masing-masing. Artinya ini memang amburadul datanya,” ungkap Yunus, Minggu (8/3).

Di sisi lain, sambung Yunus, dirinya menilai alasan pendataan jenis usaha pergudangan hanya menjadi pembenaran dari Dinas Perdagangan untuk menunda-nunda penutupan gudang dalam kota.

“Ini masalah gudang sudah sekitar 10 tahun. Kok data jenis usaha tidak ada. Itu alasan tidak masuk akal,” paparnya.

Sehingga, Yunus mendesak agar Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, IqbalSuhaeb serius mengontrol para SKPD. Termasuk Dinas Perdagangan yang tak kunjung mampu menyelesaikan masalah gudang dalam kota.

“Kalau perlu evaluasi dinas terkait. Ini bakal jadi warisan buruk ketika tak mampu dibenahi,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Andi Muh Yasir memastikan awal bulan ini akan melakukan penertiban gudang dalam kota kembali. Lambannya proses penertiban SK untuk penindakan gudang karena terkendala pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan identifikasi jenis usaha pergudangan.

“Bagian hukum menyarankan melengkapi detail jenis usaha. Agar nanti di SK ada dasar hukum penertiban memiliki kekuatan hukum,” tuturnya.

Setelah sebelumnya melakukan penindakan di Kecamatan Tallo, Dinas Perdagangan menargetkan penertiban lanjutan di Jalan Cakalang Kecamatan Ujung Tanah. (*)

Sumber : Rakyat Sulsel.co

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pimpinan DPRD Jambi Belajar Pertanian dan Perikanan di Sulsel

Tue Mar 10 , 2020
KOPEL ONLINE – Makassar, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara, memuji sektor pertanian di Sulsel terus memperlihatkan peningkatan. Hal itu disampaikan saat menyambangi kantor DPRD Provinsi Sulsel, dalam rangka mengamati program sinergitas provinsi. Dirinya diterima langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Andi Ina Kartikasari di Gedung DPRD Provinsi Sulsel yang […]