Syamsuddin Alimsyah Narasumber di Sekolah Kader Bawaslu Jabar

KOPEL ONLINE – Bogor, Bawaslu Jawa Barat, saat ini sedang melangsungkan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang di mulai sejak tanggal 23-29 September 2019 di Wisma Pendawa Kemensos RI, Cianjur Jawa Barat.

Tujuannya adalah Untuk mengkonsolidasikan Relawan Demokrasi  Mengambil peran sebagai pelopor utama dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas kedepannya. Syamsuddin Alimsyah yang akrab di panggil Syam selaku peneliti senior KOPEL Indonesia, menjadi salah satu Narasumber dalam kegiatan hari ketiga Rabu, 25 September 2019.

Nilai-nilai integriti dan moraliti adalah hal yang utama di tanamkan dalam diri ketika kita ingin menjadikan demokrasi serta pemilu kedepannya lebih baik. Kata Syam, kita semua sepakat bahwa pemilu kemarin tentu menyisahkan banyak persolan yang kompleks sehingga kita bisa menarik kesimpulan akan lemahnya pengawasan partisipatif yang sudah kita lakukan. Maka dari itu, hari ini kita datang disini berkumpul untuk memperbaiki hal itu semua. Tegasnya di sambut gemuruh tepuk tangan peserta.

Kenapa Integritas yang utama ? Sebab pekerjaan ini tentu sangat beresiko dengan melihat fakta lapangan akan semakin minimnya moralitas pejabat negara dan siapa pejabat itu ? Tentu itu semua adalah hasil dari pemilu. Belum lagi sifat pragmatis dari masyarakat soal pemilu, dan bahkan ada yang apatis dan memandang pemilu itu tidak ada manfaat sama sekali. Tidak jadi masalah kita akan di cap sebagai sok idealis tapi yakinlah bahwa moral kita lebih tinggi ketimbang mereka yang mencoreng demokrasi dan proses pemilu dengan cara curang. Liat saja hasilnya. Lembaga terkorup hari ini adalah DPR dan Kepala Daerah. Itu kan semua hasil pemilu. Tambahnya.

Jadi, kita semua berharap usai Kegiatan ini pengawasan partisipatif untuk pemilu yang lebih baik bisa lebih solid sehingga mata rantai kejahatan demokrasi melalui pemilu bisa kita putuskan minimal kita minimalisir dengan gerakan-gerakan kita nantinya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Baru Dilantik, Pukul 13.20 Wita Beberapa Ruang Fraksi di DPRD Sulsel Sudah Terlihat Kosong

Wed Sep 25 , 2019
KOPEL ONLINE – Makassar, Hari pertama kerja pasca pelantikan 83 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan kemarin, malas berkantor. Dari pantauan Tribun sekitar pukul 13.20 wita beberapa ruang Fraksi terlihat kosong. Seperti ruang Fraksi Partai Amanat Nasional, Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat dan NasDem. Untuk di ruang Fraksi PKS hanya […]