Tidore 51 Orang Terjangkiti HIV/AIDS, 7 diantaranya PNS

KOPEL ONLINE – Ternate, Kabar mengejutkan dari Kadis Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Abdullah Maraja Bessi bahwa saat ini sebanyak 51 orang di Tidore terjankiti HIV/AIDS. 7 diantaranya adalah PNS dalam lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Selain PNS juga ada dari TNI, Ibu rumah tangga dan pelaut.

Informasi ini terungkap dalam kegiatan Dialog Multi Pihak yang diselenggarakan KOPEL dan YAPPIKA kerja sama Pemkot Tidore, Kamis 17 Oktober 2019.

“Hingga saat ini sudah 51 orang yang terjangkit HIV/AIDS. Jadi bukan 49 orang sebagaimana yang dirangkum KOPEL dalam matriks pengaduan LAPOR ini. 7 diantaranya adalan PNS. Juga ada dari TNI, Ibu Rumah Tangga dan pelaut”, Ungkapnya.

Meskipun demikian, pencegahan semakin meluasnya penyakit ini perlu diantisipasi. Bagi yang sudah terjangkiti, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan penanganannya, bukan hanya di RSUD tapi seluruh Puskesmas di Tidore sudah dilengkapi alat deteksi dan obat untuk mereka.

“Sebanyak 10 Puskesmas di daratan Tidore sudah lengkap ditambah di RSUD untuk penangannya, juga obat sudah tersedia di sana”, Tambahnya.

Dalam dialog para pihak ini merekomendasikan untuk semua elemen masyarakat dan instansi lintas sektor agar bersama-sama melakukan langkah-langkah antisipatif pencegahan.

Kota Tidore sebagai kota santri, kota religus harus dijaga martabatnya dengan tidak gonta ganti pasangan, seks bebas di samping penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan faktor lain penyebab penularan HIV/AIDS.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dialog Multi Pihak, Pemkot Tidore Menerapkan Basis Bukti

Thu Oct 17 , 2019
KOPEL ONLINE – Ternate, Pemerintah Kota Tidore menggelar Dialog Multi Pihak di Tidore 17 Oktober 2019 di Tugulufa. Kegiatan ini sebagai respon Pemkot terhadap pengaduan masyarakat terkait dengan isu kesehatan yang diadukan melalui kanal pengaduan nasional LAPOR-SP4N. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari MoU Pemkot Tidore dengan KOPEL dan YAPPIKA […]