Cegah Penyalahgunaan Suket di Pilkada, DPRD Sulsel Akan Temui Kemendagri

KOPEL ONLINE – Makassar, Walau sudah serba transparan, masih ada celah kecurangan di Pilkada 2020. Salah satunya, penggunaan surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP elektronik.

Celah itu diwanti-wanti Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Rahman Pina (RP). Kekhawatiran itu muncul setelah berkunjung ke daerah baru-baru ini.

Perekaman KTP elektronik belum tuntas hingga saat ini. Ketersediaan blangko yang terbatas salah satu penyebabnya. Mau tidak mau, warga yang belum memiliki KTP elektronik bakal menggunakan suket pada pemungutan suara.

Dalam kunjungan ke Barru, mantan anggota DPRD Makassar ini mengingatkan KPU setempat dan 11 daerah lainnya untuk hati-hati menggunakan suket. 

“Malahan kita minta untuk tidak digunakan. Rentan dimainkan kandidat incumbent (petahana),” kata politikus Partai Golkar itu.

RP mengatakan, Komisi A berencana ke Kemneterian Dalam Negeri. Mereka meminta agar distribusi blangko KTP diprioritaskan kepada kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada.

“Agar suket tak lagi digunakan,” tambah RP kepada wartawan di gedung DPRD Sulsel, Jumat (21/2/2020).

Dalam kunjungannya ke Barru, RP juga sempat mengecek kesiapan anggaran. Pemda sudah menyiapkan dan sudah tidak ada masalah.

Sumber : Rakyatku.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Abd Rahim Pimpin Sidang Paripurna DPRD Sulbar. Delapan Fraksi Sampaikan Pokok-Pokok Pikiran

Fri Feb 21 , 2020
KOPEL ONLINE – Mamuju, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulbar menggelar sidang paripurna pokok-pokok pikiran di gedung DPRD Sulbar, Kamis (20/4). Paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abd Rahim, SAg. Turut hadir sejumlah anggota DPRD Sulbar, Asisten Tiga Pemprov Sulbar, Hj Jamila, SH, dan para pimpinan OPD lingkup […]