Teruntuk Anggota DPR Terpilih, Jangan Lupa Lapor LHKPN ke KPK

KOPEL ONLINE – Jakarta, KPU resmi menetapkan 575 anggota DPR periode 2019-2024. KPK pun menitipkan pesan agar para wakil rakyat itu patuh melaporkan harta kekayaannya.

“Bagi anggota DPR terpilih yang belum melaporkan LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara akan kami fasilitasi pelaporannya,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada┬ádetikcom, Minggu (1/9/2019).

Febri menyampaikan pelaporan dalam dilakukan melalui e-lhkpn.kpk.go.id atau bisa pula dengan datang langsung ke KPK. Febri pun mengingatkan agar para anggota dewan terpilih itu patuh melaporkan LHKPN untuk tahun-tahun ke depannya.

“Kalau kita simak pernyataan komisioner KPU, tingkat kepatuhan sudah lebih dari 80 persen. Saya kira bagi para anggota DPR atau DPRD terpilih yang sudah lapor perlu diapresiasi,” ujar Febri.

“Perlu dipahami, laporan LHKPN untuk caleg terpilih saat ini berdasarkan PKPU adalah syarat pelantikan. Jadi konsekuensinya langsung pada dapat atau tidaknya dilantik. Hal itu menjadi domain KPU dan saya kira, KPU juga memberikan waktu yang cukup untuk melakukan pelaporan LHKPN tersebut,” imbuhnya.

Sebelumnya sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 ditetapkan KPU pada Sabtu, 31 Agustus kemarin. Mereka datang dari 80 daerah pemilihan (dapil) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Penetapan dilakukan langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman didampingi seluruh komisioner KPU. Selanjutnya, para anggota dewan akan diambil sumpah janji pada 1 Oktober 2019.

Namun, sebelum itu, KPU mengimbau agar anggota dewan menyerahkan bukti LHKPN. Berdasarkan catatan KPU, masih ada 90 anggota DPR yang belum menyerahkan LHKPN. Komisioner KPU Ilham Saputra memberikan tenggat hingga 7 September 2019 bagi para anggota dewan untuk melaporkan LHKPN.

(dhn/imk)

Sumber : detik.com