Dewan Sulsel Harap Perbaikan Kualitas Umrah

KOPEL ONLINE – Makassar, Kementerian Agama telah mencabut moratorium pemberian izin baru bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Kebijakan ini ditandai dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) No 28 tahun 2020 tentang Pencabutan atas KMA No 229 Tahun 2018 tentang Moratorium Pemberian Izin Baru Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah tertanggal 3 Februari 2020.

Dengan terbitnya KMA tersebut, masyarakat kini dapat kembali mengajukan izin baru sebagai PPIU setelah memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah serta Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

Saat dimintai tanggapan anggota DPRD Sulsel, Komisi E, Bidang Kesejahteraan Rakyat dan pemerintahan. Arum Spink berharap agar kebijakn yang diterapkan Kemenag akan bermanfaat demi perbaikan kualitas umrah.

“Kita berharap agar KMA ini bisa memperbaiki kualitas penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah,” saat dikonfirmasi, Kamis(13/2/2020).

Menurut politisi NasDem itu. Banyaknya penyelenggara travel umrah yang bersoal hingga tidak profesionalnya mereka dalam melyani jemaah.

“Maka kita mengharapkan tak terjadi lagi hal merugikam masyarakat. Apalagi peraturan baru ini bisa mengatasi,” tururnya.

Pengurus DPW NasDem Sulsel itu menambahakan, cukuplah pengalaman-pengalaman kemarin ketika masyarakat jadi korban menjadi pelajaran berharga. Agar tak terulangi lagi.

“Tak berhenti hanya di situ saja. Pengawasan atas regulasi ini perlu dimaksimalkan agar tujuan dibuatnya aturan bisa tercapai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nizar, menyatakan bahwa pencabutan moratorium dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertindak sebagai PPIU. Kebijakan mencabut moratorium ini juga dilandasi telah membaiknya sistem pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan perjalanan umrah. (*)

Sumber : Rakyatsulsel.co

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

DPRD Muarojambi Gelar Paripurna Perubahan Ranperda

Mon Feb 17 , 2020
KOPEL ONLINE – Jambi, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka pengambilan keputusan terhadap 2 (Dua) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Senin siang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Muaro Jambi Yuli Setia Bakti. Dalam sambutannya Yuli Setia Bakti mengatakan pengambilan keputusan dianggap sah apabila dihadiri oleh 2/3 anggota […]