Kopel Peduli fasilitasi 52 Bumil Korban Gempa

KOPEL ONLINE,- SULBAR, Tim relawan Kopel Peduli hari ini, Selasa 16 Februari 2021 sedang berada di Desa Onang Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene. Dari data yang telah diinput terdapat 52 orang Ibu Hamil (Bumil) korban gempa di desa ini yang akan melahirkan beberapa bulan ke depan.

KOPEL Peduli akan menfasilitasi prosesnya hingga Bumil ini melahirkan dengan selamat, baik ibu maupun bayinya. Koordinasi dengan Pemerintah Desa setempat dan bidan desa perlu disinergikan.

Bidan Desa Onang, Nurma akan mengkonsolidasikan dengan Kader Posyandu setiap dusun untuk rencana ini.

“Kita nanti akan kumpulkan kader di setiap dusun, setiap dusun ada 5 kader supaya terkontrol perkembangan Bumil di masing-masing wilayahnya”, ungkap bidang desa ini di sela-sela bincangnya dengan tim KOPEL Peduli di Kantor Desa Onang.

Koordinator KOPEL Peduli di lokasi bencana, Andi Firman Mannaga bersama tim memastikan Bumil di desa ini jangan sampai terbebani baik materil maupun psikis. 52 Bumil ini akan dipantau perkembangannya sampai melahirkan dan 6 bulan pasca melahirkan (ASI Ekslusif).

Bantuan akan dipaketkan untuk setiap orang karena sudah jelas nama alamat dan nomor kontak mereka. Setiap bulan akan disalurkan bantuan sesuai dengan data yang masuk. Jauh hari sebelumnya paket bantuan tersebut sudah dipersiapkan. Berdasarkan dengan usia kehamilan per Februari 2021 ini, setiap Bumil sudah diprediksi waktu melahirkan setiap bulannya.

“Kami sudah koordinasikan dengan Bidan dan Pemerintah Desa setempat untuk penanganannya”, kata Andi Firman di lokasi bencana.

Selain untuk kebutuhan persiapan melahirkan, juga pemetaan kondisi Bumil. Kesehatannya seperti apa, bagaimana kondisi rumah pasca gempa, akses ke fasilitas kesehatan, semua harus menjadi perhatian.

“Kondisi ini perlu penanganan khusus dan membutuhkan kebijakan pemerintah agar Bumil bisa melahirkan dengan aman, sehat ibunya sehat bayinya”, tambahnya.

Selain Desa Onang, tim KOPEL Peduli juga akan konsen di beberapa desa lainnya di Kecamatan Malunda dan Ulumanda yang aksesnya masih terbatas pasca gempa beberapa waktu lalu.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nakes di Lokasi Gempa Butuh Perhatian

Wed Feb 17 , 2021
KOPEL ONLINE,– SULBAR, Curhat petugas di lapangan saat bencana bukan sekedar untuk menghibur diri. Banyak yang harus mereka tangani, di samping keterpanggilan mereka untuk membantu korban juga karena tanggung jawab kemanusiaan. Bukan hanya itu, mereka juga punya keluarga sama dengan warga lainnya. Mereka juga adalah korban gempa. Mereka curhat di […]