KOPEL : Rp 1,3 M Habis untuk Pin Emas DPRD DKI Jakarta

KOPEL ONLINE – Jakarta, Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD DKI Jakarta yang baru segera digelar. Pin Emas akan disematkan di baju safari mereka yang katanya merupakan penanda sebagai anggota DPRD.

Pengadaan Pin Emas, entah bermula dari mana. Semua anggota DPRD di seluruh Indonesia bakal memakai Pin ini dengan nilai gram yang cukup tinggi. mulai dari 5 gram sampai 10 gram. Tidak tanggung-tanggung sekretariat DPRD lewat LPSE melakukan pengadaan dengan anggaran yang fantastik.

“Sekretariat DPRD DKI Jakarta menganggarkan 1.3 Milyar untuk Pin Emas ini. Jumlah ini adalah yang tertinggi dari seluruh DPRD provinsi di Indonesia,” ungkap Anwar Razak, Direktur KOPEL Indonesia dalam keterangan tertulisnya kepada Tribun Asia.com, Senin (26/8).

Jumlah anggaran ini terbilang fantastik padahal hanya untuk menjadi penanda sebagai anggota DPRD. Jika dibandingkan dengan anggaran pada dinas-dinas yang memberikan pelayanan dasar seperti dinas kesehatan dan pendidikan, anggarah ini jauh lebih tinggi jumlahnya dari kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat.

Untuk kegiatan imunisasi dasar saja misalnya anggaran yang dialokasikan dalam APBD dari pembahasan Pemda DKI dan DPRD DKI hanya Rp 38 jt. Ini sama juga dengan anggaran pelayanan anak usia sekolah yang hanya Rp 26 jt dan anggaran penanggulangan DBD hanya memiliki anggaran Rp 63 jt. Sama juga dengan anggaran di urusan pendidikan. Untuk peningkatan kapasitas guru SMP dan SMA hanya dialokasikan anggaran Rp 127 Juta. Bahkan untuk pendidikan inklusi anggaranya Rp 0.

“Sungguh ironi, anggota DPRD nya menghabiskan uang Rp 1.3 M untuk lambang 106 anggota DPRD, sementara rakyatnya hanya diberi anggaran puluhan juta rupiah untuk menyasar puluhan juta penduduk,” tegas Anwar.

Hal ini tentu akan menjadi pemandangan yang menyakitkan. Anggaran yang terbatas itu ternyata terserap ke perlengkapan baju Safari anggota DPRD yang memang sudah mewah. Masyarakat hanya tinggal gigit jari. Anggota DPRD pilihannya yang bisa berjuang untuk dirinya justru akan mempertontonkan kemegahan saat dilantik. (ZNR)

Sumber : Tribun Asia.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dapat Duit Plus-plus, Anggota DPRD Jangan Malas

Fri Aug 30 , 2019
KOPEL ONLINE – Bogor, Lima hari jelang pelantikan, Komite Pemantau Legislatif (Kopel) menyentil 55 anggota DPRD Kabupaten Bogor terpilih. Se­lain soal tunjangan, Kopel membeberkan pekerjaan rumah yang harus dilakukan para wa­kil rakyat setelah resmi dilantik pada 27 Agustus nanti. Berda­sarkan data Kopel, anggaran besar itu dialokasikan untuk anggaran komunikasi Rp171 juta, […]