Kopel Silang Pendapat dengan Anggota DPRD

KOPEL ONLINE – Bulukumba, Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Bulukumba menuding anggota DPRD Bulukumba telah melakukan pemborosan anggaran.

Tudingan Kopel itu terkait kehadiran 40 anggota DPRD Bulukumba untuk mengikuti orientasi yang
dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sulsel di di Makassar pekan lalu.

Hal itu pun dibantah oleh Anggota DPRD Bulukumba, Fahidin HDK. Ia mengatakan, anggota DPRD Bulukumba harus pintar.

“Kalau tidak pintar, maka legislator bisa ditinggalkan zaman. Karenanya, anggota DPRD perlu belajar. Legislator perlu ditempa dengan pengetahuan, ini salah satunya orientasi,” kata Fahidin, Senin (9/9).

“Apalagi, orientasi yang diikuti 40 anggota DPRD itu diatur oleh Kementrian Dalam Negeri
(Kemendagri) yang menunjuk BKPSDM Sulsel selaku penyelenggara orinentasi,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan anggota DPRD Bulukumba lainnya, Muhammad Jufri. Ia mengaku orientasi itu diatur oleh undang-undang, Peraturan Pemerintah (PP) serta Permendagri.
“Sebelum melaksanakan tugas, harus mengikuti orientasi dulu. Sementara, lembaga yang ditunjuk Kemendagri adalah BKPSDM Sulsel sebagai penyelenggara,” kata Muhammad Jufri.

Sementara itu, Direktur Kopel Bulukumba, Muhammad Jafar, mengaku dasar hukum perlunya anggota DPRD terpilih mengikuti orientasi diatur oleh undang-undang, PP, Permendagri serta surat BKPSDM Sulsel.

Akan tetapi, kata dia, tidak semua anggota harus ikut tapi yang ada cuma hak, bukan kewajiban. Artinya, kata dia, hak bisa saja digunakan bisa juga tidak.

“Orientasi cuma pemahaman dasar. Dan, itu menjadi ranah-nya partai politik. Artinya, begitu terpilih jadi anggota DPRD, maka langsung laksanakan tugas,” kata Jafar. (*)

Sumber : Rakyat Sulsel.co

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masih Ada Calon Ketua DPRD Sulsel Bermasalah

Mon Sep 9 , 2019
KOPEL ONLINE – Makassar, Pelantikan Anggota DPRD Sulsel periode 2014-2024 dijadwalkan digelar pada 24 September mendatang. Sebanyak 85 Anggota Dewan Terpilih akan di lantik. Sejumlah nama seperti Fachruddin Rangga, Andi Ina Kartika, Andi Hatta Marakarma, Sofyan Syam, Jhon Rendeng, Zulkifli Zain, dan Rahman Pina di gadang-gadang menjadi Ketua DPRD Sulsel. […]