Legislator Muda Wajib Kerja Keras

KOPEL ONLINE – Jakarta, Legislator muda di DPR wajib bekerja keras. Mereka harus menunjukkan kinerja terbaik untuk dipercayai menduduki posisi strategis.

“Kinerja di DPR tidak ringan,” ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno, Minggu, 1 September 2019.

Sementara itu, pakar politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, mengingatkan agar anggota Dewan terpilih menunaikan janji. Mereka juga wajib menjaga muruah tempat mereka mengabdi.

Emrus menegaskan tidak boleh ada cacat sebelum maupun sesudah mereka dilantik sebagai legislator. “Parlemen kita disebut Dewan yang terhormat. Kalau menyadari pada dirinya ada perilaku tidak terhormat, ya sebaiknya mundur sebelum dilantik.”

Direktur Eksekutif Emrus Corner itu menambahkan setelah dilantik, mereka harus menjauhi praktik korupsi. Tindakan-tindakan tidak terpuji yang dilakukan anggota DPR sebelum mereka patut menjadi pelajaran berharga agar tidak berulang.

Ada tantangan tersendiri bagi anggota DPR generasi milenial yang akrab dengan teknologi informasi dan sosial media. Perilaku dan tindak-tanduk mereka setidaknya akan banyak diintip dan dipantau.

Menurut Emrus, legislator milenial harus cepat menyesuaikan dan berbenah diri karena mereka belum memiliki pengalaman sedikit pun dalam proses legislasi. Selain bertanya kepada senior dan ahli, mereka harus mengerti betul tentang garis politik partai tempat bernaung.

“Yang sangat penting, mereka harus mengedepankan kepentingan rakyat daripada kepentingan apa pun, termasuk kepentingan pribadi dan partai. Mereka menyandang predikat dewan perwakilan rakyat, bukan wakil partai, golongan, dirinya, atau apa pun,” tegas dia.

Supaya tidak terjebak dalam praktik korupsi, Emrus mengatakan mereka harus bertanggung jawab dengan mengingat dan menunaikan janji-janji kampanye. Mereka juga harus lebih jujur dan terbuka lagi.

“Bila perlu laporan kekayaan mereka tidak hanya dilaporkan ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), tetapi juga ke masyarakat konstituen,” ungkap dia.

Penghitungan suara dan pembagian kursi Pemilu Legislatif 2019 sudah diselesaikan Komisi Pemilihan Umum. Sebanyak 575 anggota terpilih ditetapkan melenggang ke DPR. Di antara mereka, terdapat sepuluh anggota termuda DPR periode 2019-2024.(OGI)

Sumber : Medcom.id

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pemkab Sidrap Ajukan Ranperda APBD 2020

Mon Sep 2 , 2019
KOPEL ONLINE – Sidrap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Tahun Anggaran 2020 kepada DPRD Sidrap untuk dibahas, pada Senin (2/9/2019). Dua ranperda lainnya yang turut diserahkan adalah Ranperda Perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang Retribusi IMB dan Ranperda Perubahan atas Perda Nomor 6 […]